Sunday, February 16, 2020

SEMESTER 1 : DISKUSI TUTON INISIASI 1,2,3 S1 - PGSD MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MKDU4221


SEMESTER 1 

S1 - PGSD MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (MKDU4221)DISKUSI TUTON INISIASI 1,2,3 




TUGAS #1 DISKUSI MATA KULIAH PAI


Assalammu'alaikum Wr Wb,

1. Kata "TUHAN" menurut saya merujuk kepada suatu Zat yang Abadi dan ghaib, tidak secara fisik dapat dirasakan namun dapat dirasakan kuasaNya atas kehidupan seluruh alam semesta. Yang Maha Menentukan segala sesuatu, Yang tidak diciptakan namun Menciptakan, Yang Maha atas segala Maha di atas dunia ini. Bagaimana jenis dan bentuknya bukanlah jangkauan akal manusia, namun keberadaanNya sangat terasa bagi orang-orang yang beriman. 

2. Ketuhanan Yang Maha Esa mempunyai pengertian akan adanya keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Tunggal, Yang menciptakan alam semesta dan segala isinya. Namun menurut pemikiran manusia baik itu Deisme, Panteisme maupun Ekletisme, ajaran Allah tidak mendapatkan tempat secara fungsional. Sementara dalam konsep Ketuhanan dalam Islam, ajaran Allah menjadi pondasi dasar bagi manusia yang beriman agar bisa menjalani kehidupan seutuhnya dengan cara memanfaatkan ciptaanNya. 





TUGAS #2 DISKUSI MATA KULIAH PAI

Assalammualaikum Wr Wb,
1. Menurut ajaran agama Islam, pada Hakikatnya seorang manusia adalah sebentuk tubuh secara fisik yang diberikan kesempurnaan oleh Allah dengan tambahan istimewa berupa akal dan jiwa yang diberikan kesempatan untuk mewujudkan cita-cita di dunia dan di akhirat melalui keutuhan prilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Tentu saja dalam rangka menuju terwujudnya cita-cita tersebut ( selamat dunia dan akhirat), seorang manusia harus berada di titik harmonis antara fisik, prilaku dan akhlak yang baik sebagai pertanda bahwa ia sudah menjadi seseorang yang bertakwa, menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Namun disamping keutamaan sebagai mahluk dengan kelebihan istimewa oleh Allah yaitu sebagai mahluk yang berakal budi, manusia pun lekat dengan kebodohan dan kelalaian, yang tentunya harus berusaha dikendalikan dan dihilangkan demi agar terciptanya manusia yang sesuai dengan hakikat utama sebagai Hamba Allah yang berakhakul karimah.

2. Martabat manusia menurut agama Islam mendapatkan tempat yang paling tinggi di mata Allah, karena Akal Budi yang diberikan Allah pada manusia sudah seharusnyalah manusia dapat memanfaatkan kelebihannya itu untuk menjadi mahluk yang paling bertakwa kepada Allah SWT. Namun kembali lagi kepada akal, hati dan nafsu masing-masing untuk menentukan tinggi rendahnya martabat dan derajat mereka di mata Allah dan sesama manusia, yang terpancar dari hati dan sikap perilaku. Yang baik akan menghasilkan baik, begitupun sebaliknya. 

3. Tanggung jawab manusia menurut ajaran Islam tentu saja dimulai dari dirinya sendiri sebagai khalifah dan hamba Allah yang mempunyai kewajiban untuk mengelola dan memanfaatkan alam untuk demi mencapai kemakmuran dan kebahagiaan di dunia dan sebagai hamba Allah tentu saja berkewajiban untuk menjalankan ibadah sebaik-baiknya demi kebahagiaan di akhirat kelak. Ia juga bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, keluarga, bangsa dan negaranya dan tentu saja agamanya, agama Islam dengan berbekal keseimbangan akal, hati dan nafsunya. 

Terima kasih, Wassalammualaikum Wr Wb.




TUGAS #3 DISKUSI MATA KULIAH PAI

Assalammu'alaikum Wr Wb,

1. Civil society dan Masyarakat Madani mempunyai konsep yang tidak begitu jauh berbeda, dimana keduanya bersumber dari manusia yang pada dasarnya tidak bisa hidup sendiri, mahluk sosial yang membutuhkan orang lain hingga kemudian membentuk komunitasnya sendiri untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara jasmani dan rohani. Ketercapaian kesejahteraan secara maksimal dan menyeluruh menjadi misi selanjutnya setelah komunitas tersebut terbentuk dan memiliki posisi yang kokoh. Civil society sendiri merupakan istilah yang kurang lebih menggambarkan politik  etis yang meyakini bahwa setiap manusia memiliki hak yang sama di mata hukum. Sementara istilah madani sendiri diambil berasal dari kata civil atau civilized yang berarti beradab, yang tentu saja jika kemudian diartikan secara lebih mendalam adalah masyarakat yang beradab dan berbudaya. 

2. Keberadaan Pancasila sebanding dengan Piagam Madinah dikarenakan atas dasar sejarah menuju terwujudnya masyarakat madani. Bangsa Indonesia yang berkarakter majemuk akhirnya dapat mencapai keselarasan dengan banyak pihak di jamannya setelah mengalami banyak proses --- diantaranya Sumpah Pemuda-- hingga kemudian tercapailah kesepakatan bersama sebagai hasilnya. Terwujudnya masyarakat madani menjadi tujuan yang sama dari keduanya, yaitu Pancasila dan Piagam Madinah.

3. Hak asasi manusia dalam tinjauan agama Islam justru mendapatkan tempat tertinggi dimana Rasulullah SAW memberikan berbagai teladannya sebagai hamba Allah yang dapat menunjukkan kepada manusia bahwa sebenarnya hak setiap manusia untuk hidup di atas bumi ini adalah SAMA dan bahwa demokrasi itu memang ada dan disiapkan oleh Allah agar kita jalani dalam kehidupan  sehari-hari.  Jadi bukan berart bahwa HAM itu hanya ada di hukum barat yang diperkenalkan oleh Yunani. Allah SWT menyebutkan dalam Al Qur'an betapa baik tempat kita sebagai manusia di atas bumi ini.

Allah sendiri mengatur kita untuk terlindung sebagai manusia yang seharusnya merasa terlindung dalam hal menjalankan ibadah agama sebagai individu maupun sebagai mahluk sosial, dll.


Terima kasih, Wassalammu'alaikum Wr Wb. 




No comments: