Friday, November 24, 2017

Lirik Lagu Dan Partitur Mars PGRI



Lirik Lagu dan Partitur Mars PGRI


Lagu Mars PGRI diciptakan oleh Basuki Endropranoto. Nama Basuki Endropranoto sendiri belum banyak dikenal orang, namun pernah menulis buku “Mari bernjanji: metode bernjani dengan not angka “ yang diterbitkan oleh Harapan Masa, Jakarta pada tahun 1960 bersama Baharuddin Harahap serta buku “Bernjanji sambil bermain : buku njanjian untuk bersenam dan bermain. Untuk kelas II dan kelas III S.R.” juga diterbitkan Harapan Masa, Jakarta pada tahun 1963.



Dalam beberapa catatan, ditemukan tulisan bahwa pencipta Lagu Mars PGRI adalah P. Endropranoto. Mengingat, partitur Mars PGRI ditulis tangan, kemungkinan huruf B terbaca sebagai huruf P atau bisa juga P merupakan singkatan “Pak”.


Lagu ini sebagai pendorong kaum guru untuk membangun rakyat dari kegelapan karena guru sebagai penyuluh dan pembimbing bangsa. Kaum guru juga diharapkan insyaf akan kewajibannya yaitu mendidik dan mengajar para putra-putri bangsa, membangun jiwa sebagai kekuatan Negara, karena pada waktu itu keberadaan PGRI sudah dipengaruhi oleh politik.


Berikut lirik lagu Mars PGRI menggunakan tempo di Marcia yang merupakan tempo semangat seperti yang banyak dipakai pada lagu mars.




Mars PGRI 

 

PGRI abadi  
tetap mempersatukan diri  
Dengan nama nan sentosa
lahir negara kita

PGRI abadi  
bernaung di bawah sang panji  
Sinar surya nan merata
anggotanya bersama

Wahai kaum guru semua
bangunkan rakyat dari g’lita
Kita lah penyuluh bangsa
  pembimbing melangkah ke muka

Insyaflah ‘kan kewajiban kita  
mendidik mengajar p’tra putri  
Kita lah pembangun jiwa
  pencipta kekuatan negara



No comments: