TUGAS 1
MATA KULIAH : PENGANTAR PENDIDIKAN (MKDK 4001)
PERTANYAAN :
- Coba Anda jelaskan, bagaimana konsep pendidikan Progresivisme dan Essensialisme diterapkan dalam sistem pendidikan kita! Jelaskan juga apa kelebihan dan kekurangannya!
- Aliran filsafat Perenialisme dan Konstruktivisme merupakan aliran filsafat yang banyak memberikan alternatif dalam memecahkan masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat. Coba Anda jelaskan hikmah apa yang dapat kita ambil dari masing-masing aliran tersebut!
JAWABAN :
Progresivisme Pendidikan
Progresivisme bukan merupakan bangunan filsafat atau aliran filsafat yang
berdiri sendiri, melainkan merupakan suatugerakan dan perkumpulan yang
didirikan pada tahun 1918. Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan yang benar
pada masa kini mungkin tidak benar di masa mendatang. Pendidikan harus terpusat
pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan.
Kelebihan Filsafat Pendidikan Progresivisme :
1. Siswa diberi kebebasan untuk mengembangkan bakat dan
kemampuannya.
2. Siswa diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya.
3. Siswa belajar untuk mencari tahu sendiri jawaban dari
masalah atau pertanyaan yang timbul di awal pembelajaran. Dengan mendapatkan
sendiri jawaban itu, siswa pasti akan lebih mengingat materi yang sedang
dipelajari.
4. Membentuk output yang dihasilkan dari pendidikan di
sekolah memilki keahlian dan kecakapan yang langsung dapat diterapkan di
masyarakat luas.
Kekurangan Filsafat Pendidikan Progresivisme
1. Mengabaikan kurikulum yang telah ditentukan, yang menjadi
tradisi sekolah.
2. Mengurangi bimbingan dan pengaruh guru. Siswa memilih
aktivitas sendiri.
3. Siswa menjadi orang yang mementingkan diri sendiri, ia
menjadi manusia yang tidak memiliki self discipline, dan tidak mau
berkorban demi kepentingan umum.
PERENIALISME PENDIDIDKAN
Aliran Perenialisme Perenialisme merupakan suatu aliran dalam
pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh. Perenialisme berasal dari kata perennial yang berarti abadi, kekal atau
selalu. Perenialisme lahir sebagai suatu reaksi terhadap pendidikan progresif.
Perenialisme menentang pandangan progresivisme yang menekankan perubahan dan
sesuatu yang baru. Jalan yang ditempuh oleh kaum perenialis adalah dengan jalan
mundur ke belakang, dengan menggunakan kembali nilai nilai atau prinsip prinsip
umum yang telah menjadi pandangan hidup yang kuat, kukuh pada zaman kuno dan abad
pertengahan.
Kelebihan Filsafat Perenialisme
Kelebihan Filsafat Perenialisme
a. Perenialisme tetap percaya terhadap asas pembentukan kebiasaan
dalam permulaan pendidikan anak. Kecakapan membaca, menulis, dan berhitung
merupakan landasan dasar. Dan berdasarkan pentahapan itu maka learning to
reason menjadi tujuan pokok pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.
Belajar sebagai persiapan hidup. Perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali atau proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan ideal. Perenialisme memberikan sumbangan yang berpengaruh baik teori maupun praktik bagi
kebudayaan dan pendidikan zaman sekarang.
Belajar sebagai persiapan hidup. Perenialisme memandang pendidikan sebagai jalan kembali atau proses mengembalikan keadaan manusia sekarang seperti dalam kebudayaan ideal. Perenialisme memberikan sumbangan yang berpengaruh baik teori maupun praktik bagi
kebudayaan dan pendidikan zaman sekarang.
b. Pendidikan ditekankan pada kebenaran absolut yang bersifat universal yang tidak terikat pada tempat dan waktu. Perenialisme menekankan pada keabadian, keidealan, kebenaran, dan keindahan Perenialisme mengangkat kembali nilai-nilai atau prinsip-prinsip umum yang menjadi pandangan hidup yang kokoh pada zaman kuno dan abad pertengahan. Dalam pandangan perenialisme pendidikan lebih banyak mengarahkan perhatiannya pada kebudayaan ideal yang telah teruji dan tangguh.
c. Kurikulum menekankan pada perkembangan intelektual siswa pada seni dan sains.
Untuk menjadi terpelajar secara kultural, para siswa harus berhadapan pada bidang-bidang seni dan sains yang merupakan karya terbaik dan paling significant yang diciptakan oleh manusia. Contohnya, seorang guru bahasa Inggris mengharuskan siswanya untuk membaca Moby Dick nya Melville atau drama-drama Shakespeare.
Kekurangan Filsafat Perenialisme
a. Pengetahuan dianggap lebih penting dan kurang memperhatikan kegiatan sehari-hari. Pendidikan yang menganut paham ini menekankan pada kebenaran absolut, kebenaran universal yang tidak terkait pada tempat dan waktu aliran ini lebih berorientasi ke masa lalu.
b. Perenialis kurang menerima adanya perubahan-perubahan, karena menurut mereka perubahan banyak menimbulkan kekacauan, ketidakpastian,dan ketidakteraturan, terutama dalam kehidupan moral, intelektual, dan sosio-kultural.
c. Focus perenialis mengenai kurikulum adalah pada disiplin-disiplin pengetahuan abadi , hal ini akan berdampak pada kurangnya perhatian pada realitas peserta didik dan minat-minat siswa.
ESENSIALISME PENDIDIKAN
Esensialisme adalah pendidikan yang di dasarkan kepada nilai-nilai
kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia. Esensialisme
muncul pada zaman Renaissance dengan ciri-ciri utama yang berbeda dengan
progresivisme. Perbedaannya yang utama ialah dalam memberikan dasar berpijak
pada pendidikan yang penuh fleksibilitas, di mana serta terbuka untuk
perubahan, toleran dan tidak ada keterkaitan dengan doktrin tertentu.
Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang
memiliki kejelasan dan tahan lama yang memberikan kestabilan dan nilai-nilai
terpilih yang mempunyai tata yang jelas.
Idealisme dan realisme adalah aliran filsafat yang membentuk corak esensialisme. Dua aliran ini bertemu sebagai pendukung esensialisme, akan tetapi tidak lebur menjadi satu dan tidak
melepaskan sifatnya yang utama pada dirinya masing-masing. Dengan demikian Renaissance adalah pangkal sejarah timbulnya konsep-konsep pikir yang disebut esensialisme, karena itu timbul pada zaman itu, esensialisme adalah konsep meletakkan sebagian ciri alam pikir modern. Esensialisme pertama-tama muncul dan merupakan reaksi terhadap simbolisme mutlak dan dogmatis abad pertengahan. Maka, disusunlah konsep yang sistematis dan menyeluruh mengenai manusia dan alam semesta, yang memenuhi tuntutan zaman
Kelebihan Filsafat
Esensialisme
a. Esensialisme membantu untuk mengembalikan subject matter
ke dalam proses pendidikan, namun tidak mendukung perenialisme bahwa subject
matter yang benar adalah realitas abadi yang disajikan dalam buku-buku besar
dari peradaban barat. Great Book tersebut dapat digunakan namun bukan untuk
mereka sendiri melainkan untuk dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan yang ada
pada dewasa ini.
b. Esensialis berpendapat bahwa perubahan merupaka suatu
kenyataan yang tidak dapat diubah dalam kehidupan sosial. Mereka mengakui
evolusi manusia dalam sejarah, namun evolusi itu harus terjadi sebagai hasil
desakan masyarakat secara terus-menerus. Perubahan terjadi sebagai kemampuan intelegensi
manusia yang mampu mengenal kebutuhan untuk mengadakan amandemen cara-cara
bertindak, organisasi, dan fungsi sosial.
Kekurangan Filsafat
Esensialisme
a. Menurut esensialis, sekolah tidak boleh mempengaruhi atau
menetapkan kebijakan-kebijakan sosial. Hal ini mengakibatkan adanya orientasi
yang terikat tradisi pada pendidikan sekolah yang akan mengindoktrinasi siswa
dan mengenyampingkan kemungkinan perubahan.
b. Para pemikir esensialis pada umumnya tidak memiliki kesatuan garis karena mereka berpedoman pada filsafat yang berbeda. Beberapa pemikir esensialis bahkan memandang seni dan ilmu sastra sebagai embel-embel dan merasa bahwa pelajaran IPA dan teknik serta kejuruan yang sukar adalah hal-hal yang benar-benar penting yang diperlukan siswa agar dapat memberi kontribusi pada masyarakat.
c. Peran guru sangat dominan sebagai seorang yang menguasai lapangan, dan merupakan model yang sangat baik untuk digugu dan ditiru. Guru merupakan orang yang menguasai pengetahuan dan kelas dibawah pengaruh dan pengawasan guru. Jadi, inisiatif dalam pendidikan ditekankan pada guru, bukan pada siswa.
EKSISTENSIALISME PENDIDIKAN
Eksistensialisme yaitu suatu usaha untuk menjadikan masalah
menjadi konkret karena adanya manusia dan dunia. Menurut Sartre
eksistensialisme yaitu filsafat yang memberi penekanan eksistensi yang
mendahului esensi. Memandang segala gejala yang ada berpangkal kepada
eksistensi. Dengan adanya eksistensi akan penuh dengan lukisan-lukisan yang
konkret dengan metode fenomenologi (cara keberadaan manusia).
Eksistensi sendiri yaitu eks artinya keluar, sintesi artinya berdiri; jadi eksistensi adalah berdiri sebagai diri sendiri. Menurut Heideggard “Das wesen des daseins liegh in seiner Existenz” , da-sein adalah tersusun dari dad an sein. “da” disana. Sein berarti berada. Jadi artinya manusia sadar dengan tempatnya. Menurut Sartre adanya manusia itu bukanlah “etre” melainkan “ a etre” yang artinya manusia itu tidak hanya ada tetapi dia selamanya harus dibentuk tidak henti-hentinya.
Eksistensi sendiri yaitu eks artinya keluar, sintesi artinya berdiri; jadi eksistensi adalah berdiri sebagai diri sendiri. Menurut Heideggard “Das wesen des daseins liegh in seiner Existenz” , da-sein adalah tersusun dari dad an sein. “da” disana. Sein berarti berada. Jadi artinya manusia sadar dengan tempatnya. Menurut Sartre adanya manusia itu bukanlah “etre” melainkan “ a etre” yang artinya manusia itu tidak hanya ada tetapi dia selamanya harus dibentuk tidak henti-hentinya.
Menurut Parkey (1998) aliran eksistensialisme terbagi menjadi 2, yaitu; bersifat theistic (bertuhan) dan atheistic. Menurut eksistensialisme sendiri ada 3 jenis; tradisional, spekulatif dan skeptif.
Eksistensialisme sangat berhubungan dengan pendidikan karena pusat pembicaraan eksistensialisme adalah keberadaan manusia sedangkan pendidikan hanya dilakukan oleh manusia.
Kelebihan
Eksistensialisme
1. Menekankan pada individu sebagai sumber pengetahuan
tentang hidup dan makna.
2. Memberi semangat dan sikap yang dapat diterapkan dalam
usaha pendidikan.
Kekurangan
Eksistensialisme
1. Sangat tidak puas dengan sistem filsafat tradisional yang bersifat
dangkal, akademis dan jauh dari kehidupan
2. Penolakan untuk dimasukkan dalam aliran filsafat
tertentu
Demikian, Terima kasih.